4 lokasi Dongeng dalam sehari

Sabtu ini, 24 Nopember 2018 agenda kegiatan dongeng sangat padat. Ada 4 titik yang harus saya kunjungi. Satu titik di Kabupaten Pangkep terpaksa saya batalkan karena faktor jarak dan waktu yang sangat mepet. Setelah saya perhitungan dengan seksama dengan melihat lokasi ke-4 titik tersebut, maka saya mulai mengatur satu persatu titik kunjungan mana yang harus pertama kali didatangi.

1. SDS Nasional Jln Ratulangi Makassar.

Kegiatan Sedekah Dongeng di SD Nasional Makassar

Sekitar tahun 1999 saya pernah menjadi pengajar komputer di SMP Nasional. Kala itu mengajar Lotus dan Wordstar. Bagi pengguna awal komputer, kedua program itu sangat familiar dan dikenal sebagai software pengolah data dan kata. Sistem operasinya juga masih menggunakan DOS versi 6.0.

Kegiatan Sedekah Dongeng di SD Nasional Makassar

Dan hari ini saya hadir kembali di sekolah ini dengan profesi sebagai pendongeng. Antusias anak anak disini luar biasa ketika mendengarkan dongeng. Usai mendongeng, saya dihampiri oleh Bapak Kepala yayasan yang sedari awal turut mendengarkan dongeng yang saya bawakan. Beliau dulu juga sering mendongeng untuk anak anak.
Dari hasil bincang bincang kecil, beliau mengajak saya untuk membuat sedekah dongeng secara rutin di sekolahnya.

2. TK Masita Jalan Muhajirin Malengkeri Makassar

Kegiatan Sedekah Dongeng di TK Masita Makassar

Lokasi kedua seharusnya bertempat di SAIK ( Sekolah Alam Insan Kamil) Gowa. Namun karena ada beberapa tamu undangan yang masih harus ditunggu, saya memutuskan untuk menunda dongeng di sekolah ini. Kepada panitia saya berjanji akan datang pukul 13:00 WITA.

Selanjutnya saya ditemani oleh Joharni menuju ke TK Masita di Jln. Muhajirin Malengkeri Makassar.
Ibu Een, Kepala sekolah TK Masita sekaligus ketua IGTKI Makassar secara khusus meminta Kak Heru untuk datang di acara Maulid Nabi Muhammad SAW.

Kegiatan Sedekah Dongeng di TK Masita Makassar

Acara ini turut juga dihadiri oleh orang tua terutama ibu ibu yang juga ikut mendengarkan dongeng Islami tentang masa kecil Muhammad ketika diasuh oleh Halimah, ibu susunya.

3. SD Inpres Maccini Sombala 1

Kegiatan Sedekah Dongeng di SD Inpres Maccini Sombala 1 Makassar

Setelah menyelesaikan misi dongeng di TK Masita, mbah Google Maps menyarankan kepada saya untuk bergerak ke lokasi 3 di SD Inpres Maccini Sombala di Jln. Abdul Kadir Makassar. Kalo tidak salah sekitar 4 tahun lalu saya biasa diundang oleh Ibu Neneng untuk mendongeng di sekolah ini. Semenjak ada pergantian kepala sekolah, saya sudah jarang ke sekolah ini. Beberapa murid masih mengenal wajah saya ketika saya masuk di ruangan guru.

Dan yang selalu ditanyakan oleh anak anak adalah “Kak, mana Bona?”.

Kegiatan Sedekah Dongeng di SD Inpres Maccini Sombala 1 Makassar

Donasi yang dikumpulkan dalam kegiatan sedekah dongeng ini berjumlah Rp. 2.127.000,- yang selanjutnya disalurkan kepada Laznas Yatim Mandiri .

4. Sekolah Alam Insan Kamil Gowa

Rasanya sangat pas ketika tepat pukul 11:00 ketika saya tiba di kantor Laznas Yatim Mandiri Makassar di Jalan Andi Tonro. Oleh oleh kue dan telur maulid hasil kegiatan dongeng di TK Masita kami nikmati bersama sama. Ada Linda ibu admin sekaligus keuangan yang nampaknya sudah lapar berat.

Ada juga Feby, salah satu mahasiswi UIN yang barusan pulang dari lokasi KKN di Malino Gowa. Kelihatannya Feby agak kurusan sedikit walau baru seminggu di lokasi KKN yang lokasinya diatas Malino. Wajar saja kalo siang ini Feby langsung makan songkolo plus serundeng sepiring penuh…

Setelah menikmati sedikit makan siang ala maulid, saya segera bergegas menuju lokasi ke-4 kegiatan Sedekah Dongeng di Sekolah Alam Insan Kamil di Gowa. Seperti yang sudah saya tulis sebelumnya bahwa kegiatan di sekolah ini diundurkan waktunya ke pukul 13:00 WITA.

Kegiatan Sedekah Dongeng di Sekolah Alam Insan Kamil

Hari ini di halaman Sekolah Alam Insan Kamil sedang diadakan Open House dengan beragam lomba dan kegiatan. Ada lomba menggambar, mewarnai, futsal dan berbagai lomba lainnya dilaksanakan di lapangan sekolah. Beberapa sekolah yang berada di sekitar sekolah ini turut juga diundang untuk menyemarakkan acara Open House.

Kegiatan Sedekah Dongeng di Sekolah Alam Insan Kamil

Kegiatan Sedekah Dongeng sudah dua kali diadakan di tempat ini, dan hari ini dongengnya juga ditonton oleh para peserta lomba yang sudah selesai mengikuti kegiatan lomba. Tak ketinggalan orang tua juga turut mendengarkan dongeng sembari menemani anaknya yang sedang mengikuti kegiatan.