Panggilan ke Takalar : Ma’udu Lompoa

Perayaan Ma’udu Lompoa di Takalar (Foto Tribun Timur)

Pemerintah Kabupaten Takalar menggelar perayaan Ma’udu Lompoa di Desa Cikoang, Kec. Manggarabombang, Kab. Takalar, Kamis (6/12/2018). Bagi yang masih asing dengan istilah Ma’udu Lompoa, artinya kurang lebih adalah Maulid Besar. Kegiatan ini adalah rangkain peringatan kelahiran Nabi Muhammad SAW yang dilaksanakan setiap tahunnya di desa ini. Biasanya dalam acara ini ada berbagai perahu hiasan yang berisi telur dan makanan songkolo’ atau ketan hitam.

Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW di TK Andika Takalar

Hanya saja Kak Heru kali ini bukan diundang ke Desa Cikoang Takalar, tetapi ke TK Andika miliknya bunda Sumiati Madeali di Jalan Pramuka 1 Takalar. Di sekolah ini turut juga diadakan kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang tak kalah seru dong dengan perayaan Maudu Lompoa di Cikoang.

Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW di TK Andika Takalar

Di halaman belakang rumah yang dijadikan sebagai sekolah, pagi ini sudah berdatangan adik adik sangat bersemangat. Hari sebelumnya ibu guru sudah mengumunkan bahwa hari ini mereka akan mendengarkan kisah Muhammad semasa masih kecil di sekolahnya. Ini adalah kunjungan pertama saya ke sekolah ini, walaupun sudah beberapa kali mengunjungi Takalar untuk kegiatan dongeng tahun lalu.

Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW di TK Andika Takalar

Hampir semua murid sudah datang sewaktu saya tiba di sekolah ini. Kebanyakan dari mereka sepertinya belum mengenal saya. Hanya ibu Sumiati, kepala sekolah TK yang sudah mengenal saya ketika beliau ikut workshop dongeng bersama KPK tahub 2017 di Makassar. Setelah semua peralatan sound system terpasang dengan rapi, saya mulai menyapa adik adik kecil ini. Sapaan saya dibalas dengan begitu bersemangat dan tak sabar untuk mendengar dongeng pagi ini.

Dahulu kala, hiduplah seorang pemuda yang gagah perkasa. Badannya tinggi besar, wajahnya bersinar terang dan sangat ramah. Namanya adalah Abdullah…….

Itulah awal mula kisah tentang Muhammad sewaktu kecil hari ini.

2 thoughts on “Panggilan ke Takalar : Ma’udu Lompoa”

  1. Pingback: NFL Jerseys

Comments are closed.