Roadshow Dongeng di Kendari

Rumah Dongeng
Tim Rumah Dongeng bersiap menuju Kendari

Dalam rangka Hari Kunjung Perpustakaan 2019, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Propinsi Sulawesi Tenggara mengundang Kak Heru dan tim Rumah Dongeng untuk hadir di Kota Kendari.

Ada 9 sekolah yang masuk dalam daftar kunjungan dongeng dan 2 kegiatan workshop dongeng.  Berikut liputan singkat roadshow dongeng di Kendari yang dimulai pada tanggal 19-21 September 2019.

Hari Kamis, 19 September 2019

Roadshow bersama Dinas Perpustakaan dan Persiapan Propinsi Sulawesi Tenggara dimulai hari ini, Kamis 19 September 2019 di SD Katolik Pelangi Kendari.

Rumah Dongeng
Dongeng di SD Katolik Pelangi Kendari

Sejak pukul 07:00 Pagi adik adik sudah bersiap di lapangan upacara untuk bersama sama mendengarkan dongeng. Seperti biasanya adik adik sangat rapi dan berdiri dengan penuh semangat ketika mendengar dongeng.
Namun sesaat ketika Bona mulai beraksi, barisan yang rapi langsung bubar dan makin lama makin merapat kedepan panggung upacara.

Adik adik TK Kuncup Mekar juga tidak ketinggalan

Sedangkan di SD Kingdom Kendari, kak Safira Devi Amorita juga datang untuk berbagi cerita dan ceria.

Aksi Kak Safira di Kingdom School Kendari

Hari Jumat, 20 September 2019

Hari Jumat ini ada 5 lokasi sekolah yang dikunjungi oleh tim Rumah Dongeng dan Dinas Perpustakaan Propinsi Sulawesi Tenggara.

Dongeng Kak Heru di Pesantren Ummi Sabri Kendari

Yang pertama adalah Pesantren Ummi Sabri atau lebih dikenal dengan Pesri. Pagi ini adik adik yang berseragam pramuka sangat antusias berdiri di halaman sekolah untuk mendengarkan dongeng.

Duet Kak Safira dan Kak Heru di TK Kuncup Pertiwi Kendari

Lokasi kedua adalah TK Kuncup Pertiwi yang letaknya berdampingan dengan SDN 62 Kendari. Karena waktu dongengnya bersamaan dengan TK Kuncup Pertiwi, maka tim dibagi menjadi 2, Kak Heru mendongeng di SDN 62 sedangkan Kak Safira mendongeng di TK Kuncup Pertiwi.

Adik adik di Smart School Kendari nampak asyik mendengarkan dongeng

Selanjutnya Kak Heru menuju ke Smart School yang lokasinya paling jauh. Di tempat ini sekitar 50 adik TK dan SD bergabung bersama untuk mendengarkan dongeng.

Dongeng di TK SD Lazuardi Ibnu Sina Kendari

Dan menjelang pukul 10:00, adik adik di TK-SD Lazuardi Ibnu Sina Kendari sudah bersiap menunggu kedatangan tim dongeng dari Dinas Perpustakaan Propinsi Sulawesi Tenggara.

Melelahkan jika harus menempuh perjalanan menuju ke 5 lokasi tersebut. Namun para driver tetap bersemangat mengantarkan para pengelola perpustakaan demi untuk mengajak adik adik gemar membaca.

Dan usai Sholat Jumat, bertempat di SD Lazuardi Kendari berlangsung workshop Guru Mendongeng.
Kegiatan ini turut didukung oleh Bank Indonesia yang telah menghadirkan Pojok Baca dan Dongeng di sekolah ini.

Workshop Guru Bercerita di SD Lazuardi Ibnu Sina

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Propinsi Sulawesi Tenggara. Selama lebih kurang 3 jam para peserta belajar tentang bagaimana teknik dasar mendongeng yang diawali dengan teknik read Aloud.

 

Sabtu, 21 September 2019

Hari ini bertempat di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Propinsi Sulawesi Tenggara dilaksanakan berbagai kegiatan dalam rangka Hari Kunjung Perpustakaan dan Bulan Gemar Membaca 2019.

Berpose di Hari Kunjung Perpustakaan dan Bulan Gemar Membaca 2019

Selanjutnya sebelum bertolak menuju Bandara Haluoleo, Kak Heru menyempatkan diri mengisi Workshop Nasional dari Kak Heru di taman parkiran FKIP Universitas Halu Oleo Kendari. Tema kegiatan hari ini adalah Pembelajaran yang Efektif dan Menarik dengan Metode Mendongeng.

Workshop Dongeng di FKIP Universitas Haluoleo

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *